Macam-macam Pengajaran dalam Pembelajaran Penjas

Januari 5, 2010 at 9:30 am (Uncategorized)

Teknologi Pembelajaran Penjas

Macam-macam Pengajaran dalam Pembelajaran Penjas

Pemanasan Permainan Tanpa Menggunakan Alat

Nama Permainan   : Mengejar Lawan Melalui Garis Lapangan

Tujuan Permainan : Perkenalan Ukuran Lapangan dan Untuk Kecepatan Reaksi

Cara Bermain:

Siswa yang terdiri dari 25 anak, terlebih dahulu dipilih 2 anak yang akan jaga, kemudian  anak yang tidak jaga berada digaris-garis lapangan yang ada, tetapi 2 anak yang akan mengejar telebih dahulu berada di sebrang lapangan. Setelah ada aba-aba atau peluit para siswa berlari melalui garis-garis lapangan, Siswa yang jaga juga mengejar melalui garis lapangan berusaha untuk menangkap siswa, Siswa yang akan dikejar berusaha menghindar unuk tidak tertangkap dengan berlari melalui garis juga, Siswa yang tertangkap harus menggantikan jaga siswa yang menangkap untuk mengejar, begitu seterusnya.

Gambar Permainan

Keterangan :

: Siswa yang jaga

: Siswa yang dikejar

Gaya Latihan

Posisi awal:

  • Badan tegak lurus
  • Satu kaki di depan dan satu kaki lagi di belakang

Cara melakukan:

  • Sentuhlah bola dengan sisi kaki bagian dalam dan posisikan kaki secara tegak lurus terhadap bola
  • Tendanglah dengan pelan untuk mempertahankan kontrol bola dan pusatkan kekuatan tendangan pada bagian tengah bola sehingga mudah mengontrol  arahnya
  • Saat melakukan siswa dibaris 2 bersaf ada yang ke utara dan selatan mereka saling berhadapan dengan jarak kira-kira 10 meter, siswa yang berada di utara terlebih dahulu menggiring bola menuju ke siswa yang berada di arah selatan sesudah siswa utara menggiring bola siswa yang berada di selatan menggiring bola ke arah  utara terus dilakukan secara berulang-ulang.

Hal yang perlu diperhatikan:

Ketika melakukan menggiring bola usahakan kepala tegak dan mata terpusat pada ke lapangan di depan dan jangan terpaku untuk melihat kaki.

Kertas Tugas

GAYA RESIPROKAL

Nama Pelaku            : ………………..

: ………………..

Kelas              :

Materi             : Bola Voli (Passing Atas)

NO KRITERIA/TUGAS Siswa I Siswa II
Ya Tidak Ya Tidak
1 Posisi dan sikap tangan:

1. Jari-jari tangan terbuka lebar.

2. Jari-jari melemas fleksibel.

3. Kedua tangan membentuk mangkuk.

4. Apabila digabungkan kedua jempol dan jari telunjuk maka akan membentuk segitiga.

2 . Sikap awal menerima bola:

1. Tangan diangkat sejajar bahu dengan siku ditekuk membentuk sudut  45°.

2. Tangan berada di muka setingi hidung.

3. Pandangan searah dengan telapak tangan.

4. Badan condong kedepan sedikit membungkuk.

5. Sikap kaki labil dan lutut ditekuk hingga dirasa cukup nyaman.

3 Posisi sebelum dan saat perkenaan dengan bola:

1. Saat bola datang tangan sedikit mendekati bola untuk meminimalisir tekanan bola dari atas.

2. Sentuhan bola pada bagian belakang bawah bola.

3. Saat bola telah menyentuh tangan, langsung melakukan pantulan secara spontan dengan diikuti gerakan kaki mendorong kearah depan atas

4 Gerakan lanjutan:

1. Pantulan dirangkai dengan gerakan meluruskan tangan ke atas sepenuhnya.

2. Arahkan bola ke sasaran.

2. Pinggul bergerak maju ke arah sasaran atau mundur untuk membuat tolakan.

3. Bersamaan dengan tolakan, kaki lurus dan bila perlu sampai jenjang.

4. Untuk menstabilkan keseimbangan setelah memassing bola, salah satu kaki melangkah kearah dimana badan condong.

Nama Pengamat :…………………..

NIM                 : ……………………

Pemanasan Permainan Dengan Menggunakan Alat

Nama Permainan          : Kucing-kucingan Bola

Tujuan Permainan         : Meningkatkan suhu Tubuh

Cara Bermain:

Siswa membentuk lingkaran, kemudian salah satu siswa dipilih menjadi kucing/orang yang jaga  kemudian siswa yang lain melakukan permainan dengan melakukan lempar-lemparan bola kepada temannya bila bola sudah dilempar, maka siswa yang melempar menuju ke tempat siswa yang telah dilemparkan bola, siswa yang jaga berusaha menangkap bola tersebut bila bola tertangkap maka siswa yang bolanya tertangkap menggantikan siswa yang jaga, begitu seterusnya.

Gambar Permainan

Keterangan

: Guru

: Siswa yang tidak jaga

: Siswa yang jaga

KERTAS TUGAS

GAYA CAKUPAN/INKLUSI

Nama pelaku    :__________________

NIM                :__________________

Materi              : Lompat Jauh

Petunjuk Umum:

1. Pilihlah bentuk latihan lompat jauh yang tersedia sesuai dengan kemampuan anda.

2. Setelah anda mampu melakukan 3 kali pada level 1 atau yang lain dapat diteruskan ke level yang lebih tinggi.

Petunjuk Khusus:

1. Sikap permulaan diawali dengan posisi lari.

2. Terdapat tiga tanda garis/keset yang disusun berurutan.

3. Melakukan gerakan awalan, bertumpu,melayang dan mendarat.

4. Gerakan bertumpu (yaitu tahap peletakan kaki tumpunya hampir diluruskan sepenuhnya, tahap amortisasi kaki ditekuk kira-kira 165˚, tahap pelurusan saat akan melompat kaki ayun harus dalam posisi horizontal, tungkai bawah harus menggantung vertikal dan badan tetap tegak.

5. Gerakan melayang dan mendarat ( menggerakan lengan dan kaki dalam tahap ini bertujuan untuk mempertahankan keseimbangan serta  untuk tahap pendaratan.

Materi

Tugas Level 1 Level 2 Level 3
Lompat jauh dengan menggunakan awalan lari dengan cara  melompat menuju batas garis/  keset dengan cara bertumpu, melayang dan mendarat.

Jumlah:

1  2  3

Melakukan lompat jauh dengan jarak  batas garis/keset 2 meter di depan garis titik tolakan Melakukan lompat jangkit dengan jarak  keset 2,5 meter di depan garis titik tolakan Melakukan lompat jangkit dengan jarak  keset 3 meter di depan garis titik tolakan

Catatan: Tugas ini diberikan kepada mahasiswa minimal satu minggu sebelum tatap muka.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: